SEJARAH RRI (RADIO REPUBLIK INDONESIA)

Siapa yang disini senang mendengarkan radio? Dirumah ? dkantor atau di mobil sekalipun. Sejatinya radio di gemari oleh semua kalangan di mulai dari usia remaja hingga dewasa semua suka mendengarkan radio zaman sekarang banyak sekali orang yang membangun perusahaan radio untuk memenuhi kebutuhan manusia misal nya saja di aceh sampai papua terdapat ribuan radio yang di sebar di setiap kekota. Tapi apakah kamu tau bahwa di indonesia terdapat radio terkenal pada zaman nya, tahu kah kamu apakah itu ? ya, adalah RRI adalah radio republik indonesia. Awal mula radio RRI bernama nederlands indie – hindia belanda atau biasa di sebut bataviase radio vereniging yang diresmikan dan juga di dirikan pada juni 1925 untuk kamu ketahui stasiun radio indonesia pada masa jajahan belanda merupakan kepemilikan swasta. Sejak munculnya bataviase radio vereniging muncul lah stasiun radio lain nya yang tersebar di indonesia seperti NIROM di jakarta, bandung, medan, lalu ada SRV di solo, MAVRO di yogyakarta, VORL di bandung, VORO di surakarta, CIRVO di surabaya, EMRO di madiun, dan radio semarang di semarang. Radio republik indonesia secara resmi berdiri pada tanggal 11 september 1945 pada saat itu dengan pemerintah di jakarta di tanggal yang sama pada saat RRI resmi di dirikan, terdapat Adang Kadarusman, Soehardi, Abdulrahmansaleh, Soetarji Hardjolukita, Harto, Maladi, Soedomomarto, Soemarmadi. Mereka semua adalah tokoh tokoh yang penting pada masa RRI di resmikan, pada saat itu pemimpin umum RRI pertama Abdul Rahmansaleh meminta pemerintah untuk menjadikan radio sebagai alat komunikasi yang sah dan berguna tatkala ingin berkomunikasi langsung dengan masyarakat atau rakyat. Mengapa demikian, karna radio memiliki fungsi yang lebih baik guna menyebarkan informasi, berkomunikasi, menyampakan aspirasi, dan menyebarluaskan berita tanpa kekhawatiran. Inti nya radio meminimalisir adanya kesalahan komunikasi antar pemerintah dan masyarakat atau rakyat

Tahu kah kamu pada saat para tokoh rapat, rapat tersebut menghasilkan deklarasi yang di sebut dengan piagam 11 september 1945 yang berisi 3 komitmen dan fungsi RRI yang lebih di kenal Tri Prasetya RRI di dalam tri Prasetya menyebutkan RRI untuk memiliki sikap nyata dan tidak memihak pada salah satu aliran dan lain lain. Semua hal ini menjadikan dorongan kepada penyiar radio pada era revormasi untuk menjadikan radio republik indonesia menjadi lembaga yang independen mandiri dan berfokus kepada rakyat slogan radio Republik Indonesia adalah ‘sekali di udara, tetap di udara’.

Radio republik Indonesia memiliki dewan pengawas dan dewan direksi sebagaimana perusahaan pada umum nya. Jumlah dewan pengawas RRI adalah 5 orang, dewan tersebut di ambil dari ranah publik, ranah pemerintah, dan ranah RRI sendiri. Lalu dewan direksi memiliki jumlah 5 orang juga yang mempunyai tugas yaitu melaksanakan kebijakan penyiaran dan bertanggung jawab atas penyiaran. Radio republik Indonesia sebelum nya berstatus perjan atau BUMN yang dirubah menjadi lebaga penyiaran republik. Radio republik Indonesia telah mengkedepankan prinsip radio yang mandiri.

Bagi kebanyakan orang radio adalah media yang paling fungsional untuk menciptakan hubungan antara rakyat dan pemerintah banyak berita yang disebarkan oleh radio republik Indonesia sehingga rakyat tidak tertinggal berita bahwasanya inggris dan negara sekutu telah menduduki tanah sumatra dan tanah jawa.

Jadi itulah sejarah RRI atau Radio Republik Indonesia yang perlu kamu ketahui inti nya kamu semua jangan melupakan sejarah ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

*